Friday, March 02, 2012

HTML5 kanvas : BAB 7




Apa kanvas?



Unsur <canvas> HTML5 digunakan untuk menggambar grafik, dengan cepat, melalui scripting (JavaScript biasanya).


Unsur <canvas> hanya wadah untuk grafis, Anda harus menggunakan script untuk benar-benar menarik grafis.


Kanvas adalah wilayah ditarik didefinisikan dalam kode HTML dengan atribut tinggi dan lebar.


Kanvas memiliki beberapa metode untuk path gambar, kotak, lingkaran, karakter, dan gambar menambahkan.





Buat kanvas



Sebuah kanvas ditentukan dengan elemen <canvas>.


Tentukan id, lebar, dan tinggi dari elemen <canvas>:



 
<canvas id="myCanvas" width="200" height="100"></canvas>







Menggambar Dengan JavaScript



Unsur <canvas> tidak memiliki kemampuan menggambar sendiri.


Semua gambar harus dilakukan di dalam JavaScript:



 
<script type="text/javascript">

    var c=document.getElementById("myCanvas");
    var ctx=c.getContext("2d");
    ctx.fillStyle="#FF0000";
    ctx.fillRect(0,0,150,75);
    </script>

 


JavaScript menggunakan id untuk menemukan elemen <canvas>:



 
var c=document.getElementById("myCanvas");



Kemudian, membuat objek konteks:



 
var ctx=c.getContext("2d");



Para getContext ("2d") objek adalah built-in HTML5 objek, dengan banyak metode untuk menggambar jalan, kotak, lingkaran, karakter, gambar dan banyak lagi.


Dua baris berikutnya menggambar persegi panjang merah:



 
ctx.fillStyle="#FF0000";

    ctx.fillRect(0,0,150,75);



Atribut fillStyle membuatnya merah, dan atribut fillRect menentukan bentuk, posisi, dan ukuran.


No comments:

Post a Comment

info link